Pasar dan Harga Pasar
1. PASAR
Perhatikan gambar berikut !
Pasar ada di sekitar kita, ada yang tradisional, ada juga yang modern. Dalam pengertian sederhana, Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli.
Pengertian pasar secara
luas merupakan sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung
maupun tidak langsung untuk melakukan jual beli atau proses terjadinya
interaksi antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan
jumlah barang atau jasa yang diperjualbelikan.
Ada unsur penting yang harus dipenuhi dalam membentuk suatu pasar,
antara lain:
- adanya barang yang diperjualbelikan walaupun hanya berupa sampel ( contoh ),
- adanya penjual dan pembeli walau tidak bertemu langsung,
- ada kesepakatan antara penjual dan pembeli,
- adanya media komunikasi antara penjual dan pembeli.
Peranan Pasar
1. Bagi konsumen, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh barang dan jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan
2. Bagi produsen, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh barang-barang yang diperlukan dalam proses produksi serta memperoleh kemudahan untuk menjual hasil produksi.
3. Bagi pemerintah, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh dan menjual barang dan jasa yang diperlukan pemerintah. Selain itu, pasar jugha dapat menambah pemasukan pemerintah melalui pajak dan retribusi.
Fungsi Pasar
- Fungsi Distribusi
- Fungsi Pembentukan Harga
- Fungsi Promosi
Macam-Macam Pasar
A. Pasar Menurut Wujudnya
1) Pasar konkrit
adalah pasar nyata atau pasar yang unsur-unsur pasarnya,
seperti penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan ada disitu. Contoh pasar konkrit yaitu pasar tradisional, supermarket dan swalayan.
2) Pasar abstrak
yaitu pasar yang antara penjual dan pembeli dan barang
yang diperjualbelikan tidak dapat bertemu langsung di dalam pasar
akan tetapi transaksi dilaksanakan melalui alat komunikasi dan barang
yang diperjualbelikan sudah diketahui betul oleh pembeli.
Seperti
kalau kalian ingin pesan Pizza hanya melalui telepon dan barang akan
diantarkan ke alamat kita.
B. Pasar menurut jenis barang yang diperdagangkan
1) Pasar barang konsumsi
yaitu pasar yang memperjualbelikan barangbarang keperluan sehari-hari. Contoh, pasar ikan, pasar buah-buahan,
dan supermarket atau mall.
2) Pasar barang produksi
yaitu pasar yang menyediakan keperluan
faktor-faktor produksi. Contoh pasar ini antara lain ; pasar tenaga
kerja yang merupakan tempat tenaga kerja mencari lapangan
pekerjaan, dan pasar modal.
C. Pasar Menurut Luas Jaringan Distribusi
1) Pasar setempat
yaitu pasar yang digunakan oleh masyarakat di
wilayah sekitar dan melibatkan penjual dan pembeli di sekitar daerah
tersebut. Bentuk dan jenis barang yang diperdagangkan sangat
dipengaruhi oleh lingkungan sosial budaya setempat. Seperi pasar
Klewer di Solo atau pasar Bringharjo di Yogjakarta yang menjual
batik hasil daerah tersebut.
2) Pasar nasional
yaitu pasar yang cakupan pembelinya dalam wilayah
suatu negara. Penjual dan pembeli dari berbagai daerah di wilayah
negara tersebut. Produk yang dijual dibutuhkan oleh masyarakat
negara tersebut.
3) Pasar regional
yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi
beberapa negara yang berada dalam suatu kawasan. Pasar ini biasanya
dibawah suatu organisasi yang berada dalam wilayah kawasan
tersebut.
4) Pasar international
yaitu pasar yang menyediakan komoditas barang
dagangan untuk rakyat seluruh dunia. Biasanya komoditi yang dijual
merupakan produk-produk yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat.
D. Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan
1) Pasar harian
yaitu pasar yang melakukan kegiatan setiap hari dan
menjual barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Contoh pasar
ini antara lain, pasar induk yang terdapat di sekitar daerah kalian.
2) Pasar mingguan
yaitu pasar yang yang dilaksakan seminggu sekali.
Contoh pasar ini antara lain pasar hewan yang hanya buka seminggu
sekali.
3) Pasar bulanan
yaitu pasar yang kegiatannya sebulan sekali. Pasar
ini dapat kita temukan di daerah industri atau kantor pos. Pasar ini
dibuka pada saat karyawan pabrik gajian atau pembayaran pensiunan
pegawai pos.
4) Pasar tahunan
yaitu pasar yang diadakan setahun sekali. Pasar ini
bersifat nasional maupun internasional. Penyelenggaraan pasar ini
sebagai ajang promosi untuk produk-produk tertentu ataupun produk
baru. Contohnya antara lain : PRJ (Pekan Raya Jakarta), dan Pasar
malam sekatenan di solo.
E. Pasar Menurut Organisasi/Strukturnya
1) Pasar persaingan sempurna
yaitu pasar di dalamnya banyak terdapat
penjual dan pembeli yang sama-sama telah mengetahui siatuasi pasar.
Barang yang diperjualbelikan homogen (sejenis), penjual dan pembeli
tidak bebas menentukan harga karena harga ditentukan oleh kekuatan
pasar.
Contoh pasar ini antara lain, pasar sayur-mayur, pasar buahbuahan, dan pasar tekstil di Tanah Abang.
2) Pasar persaingan tidak sempurna
yaitu pasar penjual dan pembeli
memiliki kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang
yang diperjualbelikan. Dalam pasar ini penjual dan pembeli dapat
mempengaruhi harga.
2. HARGA
Harga ialah nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang.
Dalam
ilmu ekonomi yang dimaksudkan dengan harga pasar ialah harga yang
disepakati pihak penjual dan pembeli, dan pada harga ini barang yang diminta
sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Harga pasar dapat disebut juga
sebagai harga keseimbangan, karena pada harga tersebut ada keseimbangan
antara jumlah barang yang ditawarkan dan jumlah barang yang diminta
seimbang.
Terbentuknya harga pasar ini melalui proses tawar-menawar terlebih dahulu
antara penjual dan pembeli. Harga pasar ini terjadi setelah adanya kesepakatan
harga antara penjual dan pembeli.
Faktor terpenting dalam pembentukan harga adalah kekuatan antara permintaan dan penawaran. Harga pasar akan terbentuk ketika jumlah yang diminta dengan jumlah yang ditawarkan adalah sama.
Contoh membuat Kurva Harga Keseimbangan
Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut !
Dari tabel diatas, buatlah kurva harga keseimbangannya !
Komentar
Posting Komentar