Pasar dan Harga Pasar

1. PASAR 

Perhatikan gambar berikut ! 


Pasar ada di sekitar kita, ada yang tradisional, ada juga yang modern. Dalam pengertian sederhana, Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. 

Pengertian pasar secara luas merupakan sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan jual beli atau proses terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang diperjualbelikan.

Ada unsur penting yang harus dipenuhi dalam membentuk suatu pasar, antara lain: 
  • adanya barang yang diperjualbelikan walaupun hanya berupa sampel ( contoh ), 
  • adanya penjual dan pembeli walau tidak bertemu langsung, 
  • ada kesepakatan antara penjual dan pembeli, 
  • adanya media komunikasi antara penjual dan pembeli.

Peranan Pasar

1. Bagi konsumen, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh barang dan jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan

2. Bagi produsen, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh barang-barang yang diperlukan dalam proses produksi  serta memperoleh kemudahan untuk menjual hasil produksi.

3. Bagi pemerintah, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh dan menjual barang dan jasa yang diperlukan pemerintah. Selain itu, pasar jugha dapat menambah pemasukan pemerintah melalui pajak dan retribusi.

Fungsi Pasar
  • Fungsi Distribusi 
Fungsi distribusi pasar dimaksudkan untuk memperlancar distribusi (proses penyaluran barang dan jasa  dari produsen ke konsumen).
  • Fungsi Pembentukan Harga
dalam fungsi pembentuk harga, pasar mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.Transaksi penjual dan pembeli pada mulanya melakukan tawar-menawar dan akhirnya terjadi kesepakatan harga.
  • Fungsi Promosi
Promosi artinya memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat, melalui fungsi ini pasar menjual barang sekaligus memperkenalkan hasil produksinya kepada masyarakat.Barang dagangan biasanya di pajang di tempat yang terlihat oleh konsumen. Dengan memajang barang hasil produksi tersebut diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. Fungsi promosi ini sangat menentukan omzet penjualan apalagi ditunjang dengan kualitas barang bagus dan harga murah.

Macam-Macam Pasar

A. Pasar Menurut Wujudnya

1) Pasar konkrit 

adalah pasar nyata atau pasar yang unsur-unsur pasarnya, seperti penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan ada disitu. Contoh pasar konkrit yaitu pasar tradisional, supermarket dan swalayan.

2) Pasar abstrak

 yaitu pasar yang antara penjual dan pembeli dan barang yang diperjualbelikan tidak dapat bertemu langsung di dalam pasar akan tetapi transaksi dilaksanakan melalui alat komunikasi dan barang yang diperjualbelikan sudah diketahui betul oleh pembeli. 
Seperti kalau kalian ingin pesan Pizza hanya melalui telepon dan barang akan diantarkan ke alamat kita. 

B. Pasar menurut jenis barang yang diperdagangkan

1) Pasar barang konsumsi

yaitu pasar yang memperjualbelikan barangbarang keperluan sehari-hari. Contoh, pasar ikan, pasar buah-buahan, dan supermarket atau mall.

2) Pasar barang produksi

yaitu pasar yang menyediakan keperluan faktor-faktor produksi. Contoh pasar ini antara lain ; pasar tenaga kerja yang merupakan tempat tenaga kerja mencari lapangan pekerjaan, dan pasar modal.

C. Pasar Menurut Luas Jaringan Distribusi

1) Pasar setempat
yaitu pasar yang digunakan oleh masyarakat di wilayah sekitar dan melibatkan penjual dan pembeli di sekitar daerah tersebut. Bentuk dan jenis barang yang diperdagangkan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial budaya setempat. Seperi pasar Klewer di Solo atau pasar Bringharjo di Yogjakarta yang menjual batik hasil daerah tersebut.

2) Pasar nasional
yaitu pasar yang cakupan pembelinya dalam wilayah suatu negara. Penjual dan pembeli dari berbagai daerah di wilayah negara tersebut. Produk yang dijual dibutuhkan oleh masyarakat negara tersebut.

3) Pasar regional 
yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara yang berada dalam suatu kawasan. Pasar ini biasanya dibawah suatu organisasi yang berada dalam wilayah kawasan tersebut. 

4) Pasar international 
yaitu pasar yang menyediakan komoditas barang dagangan untuk rakyat seluruh dunia. Biasanya komoditi yang dijual merupakan produk-produk yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat.  

D. Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan

1) Pasar harian
yaitu pasar yang melakukan kegiatan setiap hari dan menjual barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Contoh pasar ini antara lain, pasar induk yang terdapat di sekitar daerah kalian.

2) Pasar mingguan 
yaitu pasar yang yang dilaksakan seminggu sekali. Contoh pasar ini antara lain pasar hewan yang hanya buka seminggu sekali.

3) Pasar bulanan 
yaitu pasar yang kegiatannya sebulan sekali. Pasar ini dapat kita temukan di daerah industri atau kantor pos. Pasar ini dibuka pada saat karyawan pabrik gajian atau pembayaran pensiunan pegawai pos. 

4) Pasar tahunan 
yaitu pasar yang diadakan setahun sekali. Pasar ini bersifat nasional maupun internasional. Penyelenggaraan pasar ini sebagai ajang promosi untuk produk-produk tertentu ataupun produk baru. Contohnya antara lain : PRJ (Pekan Raya Jakarta), dan Pasar malam sekatenan di solo.

E. Pasar Menurut Organisasi/Strukturnya

1) Pasar persaingan sempurna
yaitu pasar di dalamnya banyak terdapat penjual dan pembeli yang sama-sama telah mengetahui siatuasi pasar. Barang yang diperjualbelikan homogen (sejenis), penjual dan pembeli tidak bebas menentukan harga karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar. 
Contoh pasar ini antara lain, pasar sayur-mayur, pasar buahbuahan, dan pasar tekstil di Tanah Abang. 

2) Pasar persaingan tidak sempurna
yaitu pasar penjual dan pembeli memiliki kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan. Dalam pasar ini penjual dan pembeli dapat mempengaruhi harga. 

2. HARGA

Harga ialah nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang. 
Dalam ilmu ekonomi yang dimaksudkan dengan harga pasar ialah harga yang disepakati pihak penjual dan pembeli, dan pada harga ini barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Harga pasar dapat disebut juga sebagai harga keseimbangan, karena pada harga tersebut ada keseimbangan antara jumlah barang yang ditawarkan dan jumlah barang yang diminta seimbang. Terbentuknya harga pasar ini melalui proses tawar-menawar terlebih dahulu antara penjual dan pembeli. Harga pasar ini terjadi setelah adanya kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. 

Faktor terpenting dalam pembentukan harga adalah kekuatan antara permintaan dan penawaran. Harga pasar akan terbentuk ketika jumlah yang diminta dengan jumlah yang ditawarkan adalah sama.

Contoh membuat Kurva Harga Keseimbangan 
Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut !






Dari tabel diatas, buatlah kurva harga keseimbangannya !









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat ( Pertemuan 3 & 4 )

PERDAGANGAN INTERNASIONAL (Pertemuan 1)